Kesehatan Mata dan Kebutaan Warna

Bagaimana buta warna berkaitan dengan penglihatan.

Green World Indonesia - ketika kita melihat warna yang berbeda, kita memahami perbedaan dalam cahaya yang mencapai mata kita. Cara kita melihat warna yang berbeda adalah sesuatu seperti cara kita mendengar suara yang berbeda sebagai "rendah" atau "tinggi". Ini disebut lapangan, dan itu sesuai dengan frekuensi suara.

Bagaimana mata kita melihat adanya warna? 


Pikirkan mata anda sebagai kamera. Bagian depan mata mengandung lensa yang berfokus gambar di bagian dalam belakang mata. Daerah ini, yang disebut retina, ditutupi dengan sel-sel saraf khusus yang bereaksi terhadap cahaya.

Sel-sel retina ini termasuk batang dan kerucut. Batang dan kerucut bereaksi terhadap cahaya karena mengandung pigmen yang berubah ketika cahaya menyerang mereka.
Kerucut bertanggung jawab untuk warna visi. Ada beberapa jenis pigmen hadir dalam tiga jenis sel kerucut. Beberapa kerucut bereaksi tehadap cahaya panjang gelombang menengah, dan lain-lain bereaksi terhadap panjang gelombang yang lebih tinggi.
Hanya ada satu jenis pigmen dalam batang, dan bereaksi dengan cara yang sama untuk setiap panjang gelombang cahaya. Batang tidak ada hubungannya dengan warna visi; Namun mereka sangat sensitif terhadap cahaya da memungkinkan kita untuk melihat di malam hari.
Ketika kerucut memiliki semua berbagai pigmen, mata melihat semua warna mungkin. Ini adalah sesuatu seperti cara seseorang pelukis dapat mencampur hanya beberapa warna bersama-sama dan membuat cat dari setiap warna mungkin.

Apa itu Kebuataan Warna ?


Jika ada beberapa masalah dengan pigmen dalam kerucut, mata tidak akan melihat warna dengan cara yang biasa. Ini disebut defisiensi warna atau buta warna. Jika hanya satu pigmen yang hilang, mata mungkin memiliki kesulitan melihat warna tertentu. Merah-hijau buta warna- dimana merah dan hijau mungkin terlihat sama - adalah bentuk paling umum dari buta warna, diikuti oleh buta warna biru-kuning. Dalam beberapa mata, tak satu pun dari pigmen yang hadir dalam kerucut, sehingga mata tidak melihat warna sama sekali. Bentuk yang paling parah ini dikenal sebagai achromatopsia.

Apa Penyebab Kebutaan Warna ?

Buta warna adalah suatu kondisi genetik yang jarang terjadi pada wanita, tetapi mempengaruhi sekitar satu dari 12 orang untuk beberapa derajat. Ketika seseorang buta warna, biasanya karena matanya tidak membuat semua pigmen yang dibutuhkan untuk penglihatan warna.

Apakah Kebutaan Warna Penyebab Masalah Kesehatan ?

Jenis buta warna yang hadir pada saat lahir tidak menyebabkan tambahan kehilangan penglihatan atau kebutaan total. Kebanyakan orang yang hidup normal dan lengkap memimpin buta warna. Beberapa pekerjaan seperti menjadi pilot komersial memerlukan penglihatan warna normal.
Jika anda berfikir memiliki masalah dengan penglihatan warna, anda harus menjadwalkan janji dengan dokter mata segera. Dokter akan dapat memberitahu anda apakah anda melihat warna dengan benar dan apa yang harus dilakukan jika anda tidak melihat warna dengan benar.
SHARE

Green World Jakarta Timur

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image