Pterygium, Bintik Merah Pada Mata

Green World Indonesia - Pterygium merupakan kondisi cedera pada mata yang mudah dialami oleh mereka yang sering menghabiskan waktu beraktifitas diluar rumah, Karenanya, hal ini paling banyak di derita oleh orang-orang dengan profesi seperti peselancar profesional. Oleh sebab itu, nama sebutan untuk kondisi ini pun dikenal sebagai Surfer's Eye, dan bisa menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak.

Pterygium ditandai dengan munculnya selaput berwarna merah dibagian putih mata, umumnya di ujung dalam mata di dekat hidung. Pterygium biasanya tumbuh dengan perlahan dari ujung dalam mata di dekat hidung, kearah tengah mata. Pada satu titik, pterygium akan berhenti bertumbuh. Tapi pada kasus yang parah, pterygium bisa tumbuh menutupi pupil hingga mengganggu penglihatan. Pterygium bisa berefek pada satu atau kedua mata. ketika berefek pada kedua mata, kondisi ini disebut Pterygium Bilateral.

Gajala Pterygium yang perlu di kenali:

Pterygium sering kali tidak menimbulkan gejala selain munculnya selaput merah. Pterygium yang membesar, bisa menyebabkan inflamasi.
Pterygium progresif dapat tumbuh ke kornea. hal ini dapat merusak bentuk kornea, menyebabkan kondisini yang disebut astigmatisme, hasilnya penglihatan menjadi kabur.
Indikasi Pterygium Termasuk:
  1. Rasa berpasir dan panas di mata.
  2. Gatal
  3. Sensasi seperti ada benda asik dimata
  4. Penglihatan Kabur

Penyebab Pterygium:

Kebanyakan ahli percaya bahwa faktor resiko pterygium antara lain adalah: paparan berkepanjangan sinar ultraviolet, mata kering, iritasi debu dan angin.

Pengobatan Pterygium:

  1. Periksakan diri ke dokter mata jika Anda memiliki gejala Pterygium, Pterygium biasanya tidak memerlukan pengobatan serius jika gejala nya ringan. Jika, menjadi meradang dan menyebabkan kemerahan atau iritasi, dapat diobati dengan Blueberry Eye Care Softgel Produk Kesehatan Mata Dari Green World Indonesia.
  2. Jika Menyebabkan, ketidaknyamanan yang berkepanjangan atau mengganggu penglihatan, dokter mungkin akan menyarankan operasi atau pembedahan. Pembedahan memiliki resiko komplikasi, salah satunya adalah kekambuhan lesi dengan lebih agresif. Jadi, biasanya operasi dilakukan hanya jika: perawatan konservatf telah gagal, penglihatan pasien beresiko rusak, atau pasien terganggu karena alasan penampilan.

Pencegahan Pterygium

Anda Dapat Mencegah Pterygium Dengan memakai kacamata setiap hari, terutama saat di luar rumah, pilih Kacamata yang menghalangi 99%- 100% ultraviolet A (UVA) dan radiasi Ultraviolet B (UVB)
SHARE

Green World Jakarta Timur

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image