Gejala Mata Minus dan Cara Mengobati Mata Minus


Blueberry eye care softgel green world

Green World - Mata minus atau dalam bahasa medis disebut miopia (myopia) merupakan gangguan penglihatan yang terjadi akibat kesalahan bias umum dari mata yang membuat sulit untuk lebih dengan fokus pada objek yang jauh. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami gejela mata minus akan dapat melihat benda atau objek dekat dengan jelas, namun pada melihat objek atau benda yang jaraknya cukup jauh penglihatan menjadi buram atau kabur.

Gangguan atau gejala mata minus bisa timbul pada usia dini dan dapat memburuk pada usia remaja. Untuk itu perlu tau bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari gangguan mata seperti mata minus.

Miopia atau mata minus merupakan gangguan mata yang umum terjadi, namun bukan penyakit mata. Gangguan ini terjadi akibat kesalahan bias, dimana mata tidak dapat membiaskan cahaya dengan benar ke titik fokus tunggal untuk dapat melihat gambar atau objek dengan jelas. Pada kondisi mata normal, gambar difokuskan ke retina di belakang mata, namun pada kasus mata minus titik fokus jatuh pendek dari retina sehingga penderita dapat melihat objak dekat lebih jelas, tetapi objek yang jauh akan tampak kabar.

Penyebab Mata Minus

Alasan yang tepat mengapa gangguan mata minus dapat terjadi belum sepenuhnya dipahami. Namun beberapa faktor dipercaya dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki mata minus, diantaranya adalah.

  • Faktor Keturunan

Seseorang yang memiliki gangguan mata minus dapat menurunkan resiko gangguan yang sama pada keturunannya.

  • Stress Mata

Terjadinya stress mata yang berlebihan dan berkepanjangan dapat meningkatkan resiko sesorang untuk mengembangkan mata minus. Stress bisa disebabkan oleh aktivitas yang membutuhkan penggunaan penglihatan dekat.

Gejala dan Tanda-tanda dan Mata Minus

  1. Pandangan Buram atau Kabur
  2. Sakit kepala atau Pusing
  3. Penglihatan Menajdi Lebih Buruk pada Malam Hari
  4. Lebih Mendekat pada Objek atau Benda
  5. Sering Mengucek atau Berkedip
Hal ini seringkali dilakukan oleh penderita mata minus dengan tujuan untuk memperjelas penglihatan yang semula tampak kabur. Banyak orang yang tidak mengetahui bahaya mengucek mata dengan tangan. Siapa sangka jika mengucek mata menggunakan tangan kanan memperburuk penglihatan hinggan menyebabkan kerusakan saraf pada mata.

Gejala miopia bisa menjadi tidak normalnya kadar gula darah pada penderita diabetes atau sebagai indikasi awal terjadinya katarak. Untuk melakukan pengobatan terhadap mata minus, memang sebaiknya mengenali dan memahami gejala mata minus yang di alami. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena mata dapat dikatakan organ yang paling dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Pencegahan Mata Minus

Meskipun gangguan mata minus tidak dapat diobati, namun seseorang yang memiliki gangguan ini dapat melakukan berbagai tindakan pencegahan seperti:
  • Menghindari melakukan kegiatan membaca dengan jarak yang terlalu dekat.
  • Pada saat melakukan kegiatan membaca, sebaiknya dilakukan di tempat yang terangatau di tempat yang memiliki frekuensi cahaya yang cukup, karena jika kegiatan tersebut dilakukan di tempat yang gelap dapat mengakibatkan mata mudah lelah karena mata di paksa untuk bekerja ekstra keras.
  • Menghindari kegiatan membaca yang dilakukan sambil tiduran.
  • Menghindari kebiasan menonton Televisi pada jarak yang terlalu dekat secara terus menerus.
  • Menghindari penggunaan komputer dengan jarak monitor ke mata terlampau dekat. Setelah melihat monitor untuk beberapa lama, sebaiknya alihkan pandangan pada objek lain.
  • Melatih mata untuk melihat objek dengan jarak yang jauh.
  • Melakukan beberapa gerakan atau olahraga mata yang dapat membantu otot-otot mata, agar menjadi lebih kuat dan elastis.
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, beta karoten, maupun suplemen mata
  • Beristirahat yang cukup

Advertising

 Suplemen Mata Herbal

SHARE

Green World Jakarta Timur

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image