Glaukoma Mata


Green World - Glaukoma adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan pada mata saraf optik. Sering dikaitkan dengan penumpukan tekanan di dalam mata. Glaukoma cenderung diwariskan dan mungkin tidak muncul sampai kemudian hari. Kebanyakan orang dengan glaukoma tidak memiliki gejala awal atau rasa sakit dari tekanan intraokular (tekanan meningkat).

Mengapa Tekanan Intraokular mata dapat menyebabkan Glaukoma ?

Glaukoma biasanya terjadi ketika tekanan di mata meningkat. Hal ini dapat terjadi ketika cairan mata tidak beredar seperti biasanya di bagian mata depan. Biasanya, cairan ini yang disebut aqueous humor, mengalir keluar dari mata melalui saluran dibagian mata. Jika saluran ini tersumbat, cairan menumpuk dan menyebabkan Glaukoma. Penyebab langsung dari penyumbatan ini tidak diketahui, tetapi dokter tahu bahwa itu dapat diwariskan, yang berarti dilewatkan dari orang tua kepada anak-anak.

Penyebab umum dari Glaukoma termasuk cedera dari benda tumbul, infeksi mata parah, penyumbatan pembuluh darah di mata, peradangan mata. Glaukoma biasanya terjadi pada kedua mata, tapi mungkin melibatkan setiap mata sampai batas yang berbeda.

Jenis Glaukoma ada 2:

Glaukoma suduh terbuka, juga disebut dengan Wide-Angel Glaucoma, ini adalah jenis yang paling umum dari glaukoma. Struktur mata tampak normal, tetapi cairan dalam mata tidak mengalir dengan baik memalui saluran mata, disebut Meshwork Trabecular.

Glaukoma Sudut Tertutup, juga disebut Glaukoma kronis jenis glaukoma ini kurang umum di Eropa daripada di Asia. Drainase yang buruk disebabkan karena sudut antara iris dan kornea yang terlalu sempit dan secara fisik diblokir oleh iris. Kondisi ini menyebabkan penumpukan tiba-tiba tekanan di mata.

Glaukoma paling sering terjadi pada orang dewasa diatas usia 40 tahun, tetapi juga dapat terjadi pada remaja, anak-anak bahkan balita. Di Afrika - Amerika, Glaukoma terjadi lebih sering dan pada usia lebih dini dan dengan kerugian yang lebih besar.

Gejala Glaukoma

Bagi Kebanyakan orang, biasanya sedikit atau tidak ada yang merasakan gejala Glaukoma. Tanda pertama dari Glaukoma sering hilangnya penglihatan di tepi atau samping mata, yang dapat diketahui sampai akhir penyakit. Inilah sebabnya mengapa glaukoma sering disebut "Menyelinap pencuri Penglihatan".

Jika Anda Memiliki salah satu gejala dibawah berikut, Segera mencari perawatan medis:

  1. Melihat halos sekitar lampu
  2. Kehilangan penglihatan
  3. Mata Kemerahan
  4. Mata yang terlihat kabur (terutama pada bayi)
  5. Mual atau muntah
  6. Nyeri di mata
  7. Penyempitan pandangan mata
SHARE

Green World Jakarta Timur

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image